belajar menanam Kurma

eh tau gak temen-temen, ntah di sengaja apa tidak sekarang di kalangan muslim indonesia lagi trend memperbaiki diri ( Menjalankan Sunnah ), ntah karena dapat panduan dari sang pencipta atau persiapan akhir zaman ( kebanyakan nonton ust.Zulkifli Ali ).

yg laki – laki ada yg mulai sholat di mesjid berjamaah ada,belajar baca alquran dengan tartil dan takhsinnya, ada yg belajar bahasa arab, ada yg belajar memanah dan berkuda,ada bekam dan bersiwak, dan terakhir ada yg menggembala dan berkebun.

ntah karena apa saya tertarik dengan berkebun, berawal di bulan Ramadhan gak ada kegiatan baru yg menarik, akhirnya mulai baca-baca, terus mengarah ke ust Muhaimin iqbal dengan Kebun Al quran ( Saya menyarankan untuk membaca dan menonton di youtube ), pak muhaimin ini banyak membahas cara berkebun menurut alquran. dan saya mulai tertarik tentang pembahasan menanam Kurma.
berawal dari Hadits ini

kurma

hadits yang diriwayatkan Anas Rodhiyallohu ‘Anhu dari Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِنْ قَامَتِ السَّاعَةُ وَ فِي يَدِ أَحَدِكُمْ فَسِيْلَةٌ فَإِنِ اسْتَطَاعَ أَنْ لاَ تَقُوْمَ حَتَّى يَغْرِسَهَا فَلْيَغْرِسْهَا

“Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang diantara kalian ada bibit kurma maka apabila dia mampu menanam sebelum terjadi kiamat maka hendaklah dia menanamnya.”(HR. Imam Ahmad 3/183, 184, 191, Imam Ath-Thayalisi no.2078, Imam Bukhari di kitab Al-Adab Al-Mufrad no. 479 dan Ibnul Arabi di kitabnya Al-Mu’jam 1/21 dari hadits Hisyam bin Yazid dari AnasRodhiyallohu ‘Anhu)

Pertanyaannya kenapa di hadits ini disebutkan Kurma knp gak buah lainnya?? Pasti ada Maksud tertentu yg kita tidak ketahui…..

trs ada juga Hadits

Selanjutnya Syaikh Al-Albani rohimahulloh membawakan dua hadits lagi yaitu yang diriwatkan oleh Abu Dawud Al-Anshari dengan sanad yang shahih, dia berkata: : “Abdullah bin Salam Rodhiyallohu ‘Anhu berkata kepadaku:

إِنْ سَمِعْتَ بِالدَّجَالِ قَدْ خَرَجَ وَ أَنْتَ عَلَى وَدِيَّةٍ تَغْرِسُهَا, فَلاَ تَجْعَلْ أَنْ تُصْلِحَهُ, فَإِنَّ لِلنَّاسِ بَعْدَ ذَلِكَ عَيْشًا

“Jika engkau mendengar bahwa Dajjal telah keluar sedangkan kamu sedang menanam bibit kurma maka janganlah kamu tergesa-gesa untuk memperbaikinya, karena masih ada kehidupan setelah itu bagi manusia.”

itulah hadits kurma di akhir keutaman menanam kurma di akhir zaman, tapi bukan itu saja keutamaan Menanam Kurma, terdapat beberapa lainya :

Tidak akan lapar penghuni rumah yang memiliki kurma” (HR Muslim, Hadits no 3811)

ada lagi

““Wahai ‘Aisyah ! rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya akan lapar. Wahai ‘Aisyah ! rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya akan lapar” Beliau mengucapkannya sebanyak dua atau tiga kali”(HR Muslim, Hadits no 3812)

dari Al – quran

Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS 16:10-11)

Ayat ini berlaku tidak hanya pada kurma , tetapi kurma menempati kedudukan khusus karena disebut paling sering di Al-Qur’an dan adanya dua hadits tentang kelaparan tersebut di atas.

benih kurmanah mulai lah hari – hari selanjutnya menanam kurma, oiya ternyata selain menjalankan sunnah dengan menanam kurma, ternyata banyak lo manfaat menanam kurma, salah satunya Pohon Kurma itu pohon yg dapat menahan air pada saat hujan, jadi bagi di rumahnya masih pake sumur di coba deh menanam kurma biar sumurnya gak kering.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s