Kembali Ke Kampus

whatsapp-image-2016-10-26-at-6-44-26-pm-3

Mungkin baru kali ini secara formal saya kembali ke kampus tempat saya menyelesaikan diploma 3 ( Politeknik Negeri Batam ), suasana poltek jelas beda dengan era dimana saya menimba ilmu, dulu di era saya mungkin yang pake baju kurang bahan hanya beberapa orang, sekarang sudah banyak, sekarang selasar jalan di area politeknik batam sama dengan kampus negeri yg pernah saya kunjungi, ada yg baca buku, ada yang bercanda, ada yg nyanyi seperti di club ( lengkap dengan gitar, vokalis dan drum ), oke kita lupakan cerita tadi.

whatsapp-image-2016-10-26-at-6-44-26-pm-2

kedatangan saya kali ini dalam rangka undangan MKM ( Malam Keakraban Mahasiswa ) dan Pelantikan Ikatan Alumni Politeknik Negeri Batam, ntah karena dasar apa ketua terpilih Menunjuk saya sebagai Ketua bidang alumni, awalnya mau menolak krn alasan gengsi ( ketuanya adek kelas ), heheheeh tapi di karenakan amanah dan tipe saya tidak bisa menolak amanah yg menurut saya mampu saya kerjakan.

whatsapp-image-2016-10-26-at-6-44-26-pm-1

oiya saya tidak tau pada hari itu politeknik batam ternyata sedang berulang tahun, sehingga acara agak molor dimana ada acara tiup-tiup lilin, pemaparan asal muasal politeknik batam, dari gedung sewa trs pindah ke gedung yang sekarang.

whatsapp-image-2016-10-26-at-6-44-26-pm-4

kedatangan saya sebenarnya ke kampus bukannya hanya menghadiri pelantikan IA Politeknik batam, tapi juga ingin melihat melihat perubahan apa aja yang terjadi di poltek, ternyata dari banyaknya perubahan ada peninggalan – peninggalan di masa kami

inilah mading HME, saya ingat pertama kali saya bersama Benny, Gayuh, aziz, wanda, hendrik, marella dan Mariani memasang artikel pertama tentang elektro, karena keterbatasan bahan akhirnya artikel di campur dengan berbau bau agama, padahal mading agama ada disebelahnya, tapi kami belum mengusai mading.whatsapp-image-2016-10-26-at-7-01-26-pm

terus saya menuju kamar kecil ikhwan, dimana saya ingat sekali dulu saya pernah masang papan peringatan dan saya sungguh begitu terkejut ternyata papan tersebut masih ada, tidak sia sia dulu studi banding ( CIe…cie bahasanya) ke Nurul islam muka kuning….

whatsapp-image-2016-10-26-at-6-44-26-pm

oiya sekian dulu

 

Advertisements

belajar menanam Kurma

eh tau gak temen-temen, ntah di sengaja apa tidak sekarang di kalangan muslim indonesia lagi trend memperbaiki diri ( Menjalankan Sunnah ), ntah karena dapat panduan dari sang pencipta atau persiapan akhir zaman ( kebanyakan nonton ust.Zulkifli Ali ).

yg laki – laki ada yg mulai sholat di mesjid berjamaah ada,belajar baca alquran dengan tartil dan takhsinnya, ada yg belajar bahasa arab, ada yg belajar memanah dan berkuda,ada bekam dan bersiwak, dan terakhir ada yg menggembala dan berkebun.

ntah karena apa saya tertarik dengan berkebun, berawal di bulan Ramadhan gak ada kegiatan baru yg menarik, akhirnya mulai baca-baca, terus mengarah ke ust Muhaimin iqbal dengan Kebun Al quran ( Saya menyarankan untuk membaca dan menonton di youtube ), pak muhaimin ini banyak membahas cara berkebun menurut alquran. dan saya mulai tertarik tentang pembahasan menanam Kurma.
berawal dari Hadits ini

kurma

hadits yang diriwayatkan Anas Rodhiyallohu ‘Anhu dari Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِنْ قَامَتِ السَّاعَةُ وَ فِي يَدِ أَحَدِكُمْ فَسِيْلَةٌ فَإِنِ اسْتَطَاعَ أَنْ لاَ تَقُوْمَ حَتَّى يَغْرِسَهَا فَلْيَغْرِسْهَا

“Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang diantara kalian ada bibit kurma maka apabila dia mampu menanam sebelum terjadi kiamat maka hendaklah dia menanamnya.”(HR. Imam Ahmad 3/183, 184, 191, Imam Ath-Thayalisi no.2078, Imam Bukhari di kitab Al-Adab Al-Mufrad no. 479 dan Ibnul Arabi di kitabnya Al-Mu’jam 1/21 dari hadits Hisyam bin Yazid dari AnasRodhiyallohu ‘Anhu)

Pertanyaannya kenapa di hadits ini disebutkan Kurma knp gak buah lainnya?? Pasti ada Maksud tertentu yg kita tidak ketahui…..

trs ada juga Hadits

Selanjutnya Syaikh Al-Albani rohimahulloh membawakan dua hadits lagi yaitu yang diriwatkan oleh Abu Dawud Al-Anshari dengan sanad yang shahih, dia berkata: : “Abdullah bin Salam Rodhiyallohu ‘Anhu berkata kepadaku:

إِنْ سَمِعْتَ بِالدَّجَالِ قَدْ خَرَجَ وَ أَنْتَ عَلَى وَدِيَّةٍ تَغْرِسُهَا, فَلاَ تَجْعَلْ أَنْ تُصْلِحَهُ, فَإِنَّ لِلنَّاسِ بَعْدَ ذَلِكَ عَيْشًا

“Jika engkau mendengar bahwa Dajjal telah keluar sedangkan kamu sedang menanam bibit kurma maka janganlah kamu tergesa-gesa untuk memperbaikinya, karena masih ada kehidupan setelah itu bagi manusia.”

itulah hadits kurma di akhir keutaman menanam kurma di akhir zaman, tapi bukan itu saja keutamaan Menanam Kurma, terdapat beberapa lainya :

Tidak akan lapar penghuni rumah yang memiliki kurma” (HR Muslim, Hadits no 3811)

ada lagi

““Wahai ‘Aisyah ! rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya akan lapar. Wahai ‘Aisyah ! rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka penghuninya akan lapar” Beliau mengucapkannya sebanyak dua atau tiga kali”(HR Muslim, Hadits no 3812)

dari Al – quran

Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS 16:10-11)

Ayat ini berlaku tidak hanya pada kurma , tetapi kurma menempati kedudukan khusus karena disebut paling sering di Al-Qur’an dan adanya dua hadits tentang kelaparan tersebut di atas.

benih kurmanah mulai lah hari – hari selanjutnya menanam kurma, oiya ternyata selain menjalankan sunnah dengan menanam kurma, ternyata banyak lo manfaat menanam kurma, salah satunya Pohon Kurma itu pohon yg dapat menahan air pada saat hujan, jadi bagi di rumahnya masih pake sumur di coba deh menanam kurma biar sumurnya gak kering.

Berbakti Kepada orang tua

Malam ini sebenarnya pengen nulis tentang Alquran Versi Mushaf Utsmani, cuman entah kenapa kebetulan ( bukan kebetulan , sengaja nyari ni lagu ) nonton Video  Ed Sheeran – Photograph, Videonya dikemas sangat keren,dimana video masa kecil ed sheeran masih di simpan
Kembali Ke judul di dalam islam berbakti kepada Orang tua merupakan kewajiban seorang anak.  Banyak ayat al Qur’an yang memerintahkan agar setiap anak berbakti kepada orang tuanya.
foto keluarga

Al-Qur’an Surat Al-Isra’ (17) ayat 23-24.

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“ Dan tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

(Qs. Al Israa’ [17]:23)

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا.

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku,kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil’.”

(Qs. Al Israa’ [17]:24)

  1. Hadis Abdullah ibnu Umar tentang ridho Allah terletak pada ridho orang tua.

عَنْ عَبْدُ الله بن عَمْرٍو رضي الله عنهما قال قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: رِضَى اللهُ فى رِضَى الوَالِدَيْنِ و سَخَطُ الله فى سَخَطُ الوَالِدَيْنِ ( اخرجه الترمذي وصححه ابن حبان والحاكم)

Artinya: dari Abdullah bin ‘Amrin bin Ash r.a. ia berkata, Nabi SAW telah bersabda: “ Keridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua”. ( H.R.A t-Tirmidzi. Hadis ini dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim)[1][1]

  1. Hadis Abu Hurairah tentang siapakah yang berhak dipergauli dengan baik.

عَنْ اَبِي هُرَيرَةَ رضي الله عنه قال جَاءَ رَجُلٌ الى رسولِ الله صلى الله عليه وسلم فقال يَا رسولَ الله مَنْ اَحَقًّ النّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قال: اُمُّك قال: ثُمَّ مَنْ؟ قال: ثُمَّ اُمُّك قال: ثم من؟ قال :ثم امُّك قال: ثم من؟ قال : ثم اَبُوْكَ (اخرجه البخاري)

Artinya: dari Abu Hurairah r.a. ia berkata: “ Suatu saat ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW, lalu bertanya: “ Wahai Rasulullah, siapakah yang berhak aku pergauli dengan baik?” Rasulullah menjawab : “ Ibumu!”, lalu siapa? Rasulullah menjawab: “ Ibumu!”, lalu siapa? Rasulullah menjawab: “Ibumu!”. Sekali lagi orang itu bertanya: kemudian siapa? Rasulullah menjawab: “ Bapakmu!”(H.R.Bukhari).[1][2]

  1. Hadis Abdullah bin Mas’ud tentang amal yang paling disukai Allah SWT.

عَبْدُ الله بن مَسْعُودٍ قال سَاَ لْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ايُّ الْعَمَلِ اَحَبُّ الى الله قال: الصَّلَاةُ على وَقْتِهَا قال: ثم اي قال:ثُمَّ بِرُّ الْوَالْدَيْنِ قال: ثم اي قال: الجِهَادُ فى سَبِيْلِ الله ( اخرجه البخاري و مسلم)

Artinya: “ dari Abdullah bin Mas’ud r.a. ia berkata: “ Saya bertanya kepada Nabi saw: amal apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala?” beliau menjawab: “ shalat pada waktunya. “ saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berbuat baik kepada kedua orang tua. “ saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berjihad(berjuang) di jalan Allah.” (H.R. Bukhari dan Muslim).[1][3]

  1. Hadis Al-Mughirah bin Su’bah tentang Allah mengharamkan durhaka kepada ibu, menolak kewajiban, meminta yang bukan haknya.

عن المغيرة بن شعبة قال النبي صلى الله عليه وسلم : ان الله حرم عليكم عقوق الامهات ووأد البنات ومنع وهات وكره لكم قيل وقال وكثرة السؤال واضاعة المال (اخرجه البخاري)

Artinya: dari Al-Mughirah bin Syu’ban r.a. ia berkata, Nabi Saw telah bersabda: “ Sungguh Allah ta’ala mengharamkan kalian durhaka kepada ibu, menolak kewajiban, meminta yang bukan haknya dan mengubur hidup-hidup anak perempuan. Allah juga membenci orang yang banyak bicara, banyak pertanyaan dan menyia-nyiakan harta.” (H.R.Bukhari).[1][4]

  1. Hadis Abdullah ibnu Umar tentang dosa-dosa besar.

عن عبد الله بن عمر ورضى الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ان من اكبر الكبا ئر ان يلعن الر جل والديه . قيل رسول الله.و كيف يلعن لر جل والديه ؟ قا ل: يسب الرجل ابا لرجل فيسب أبا لرجل فيسب أبا ه و يسب ( أخر جه امام بخاري)

Artinya: “ dari Abdullah bin ‘amr bin al-ash ia berkata, Rasulullah Saw telah bersabda: “ diantara dosa-dosa besar yaitu seseorang memaki kedua orang tuanya. “ para sahabat bertanya: “ Wahai Rasulullah, apakah ada seseorang yang memaki kedua orang tuanya?” Beliau menjawab: “ Ya, apabila seseorang memaki ayah orang lain, kemudian orang itu membalas memaki ayahnya kemudian ia memaki ibu orang lain, dan orang itu memaki ibunya. (H.R. Bukhari).[1][5]

dan banyak Hadis lainnya yg mendukung berbuat kebajikan terhadap kedua orang tua.kadang dalam suatu keluarga si anak mengganggap keluarganya bukan keluarga yg ideal, dimana salah satu orang tuanya bukan merupakan contoh baik ataupun tidak mendukung si anak dalam beberapa hal sehingga membuat si anak menjadi antipati kepada  orang tua.padahal apapun yg di perbuat ortu kita, belum tentu salah / tidak baik, mungkin ada alasan ortu kita seperti itu, ataupun misalnya ortu kita salah, bukankah tugas anak mengitkan dengan baik kepada ortu. SO yuk kita perbaiki hubungan dengan ortu kia, selagi masih ada

Pengalaman Belajar di MTQ bina Alquran

kegundahan karena merasa ada yang kurang saat membaca alquran, membuat saya mencari tempat yang dapat meningkatkan / memperbaiki bacaan alquran

mulailah mencari di internet, search….search dapat banyak dapat pilihan, ntah kenapa saya merasa MTQ bina Alquran “inilah pilihan Pas ” , kemudian contact dengan pemilik Bina Alquran ( Biasa di Panggil abi ), Terus kita di test ngaji online untuk di tentukan apakah kemampuan kita cukup untuk di ajarkan kelas intensif Seminggu, alhamdulillah saya di luluskan / di anggap bisa untuk mengikuti program seminggu, trs kita nentuin kapan bisa datang ke MTQ ( di Sawangan Depok )

mtq bina aquran

Plang MTQ bina Alquran

Skip….Skip
akhirnya saya menjadwalkan berangkat Ke MTQ bina alquran sekitar bulan mei,nyampe disana hari minggu sore, sedangkan program intensif saya mulai hari senin, jadi awalnya saya di sana cari lokasi Laundry,minimarket, oiya bagi yg mau nyuci sendiri disana bisa koq, cuman saya dari awal mau fokus belajar ngaji tartil jadi tidak mau di ganggu dengan aktivitas nyuci – mencuci ( padahal dasarnya emang malas)

masuk Hari Pertama

saya di ajarkan mengapa kita harus belajar/ memperbaiki cara mengaji kita,salah satunya krn bila kita salah panjang dan pendek maka arti nya bisa beda, kemudian saya di perkenalkan Mushaf Utsmani , mungkin alquran Arab ini di kepri masih langka, tapi di daerah jabodetabek udah banyak yg menggunakan alquran arab ini,

Kelebihan di alquran utsmani ini daripada alquran biasa indonesia kita gak perlu lagi menghapal idgam,idhar, krn di alquran ini keliatan jelas mana yg dengung, mana yg gak ( Krn ada nun tanpa tanda, ada nun tasjid, nanti di ajarkan di MTQ bina alquran).

 

mutshaf utsmani.jpg

Contoh Surat Di mushaf Utsmani ( Nun tanpa tanda, berarti mendengung )

Jam Belajar di bina alquran terbagi menjadi 4 :

  • Setelah Subuh ( Dari jam 5 Subuh – 09.00 )
  • jam 10.30 – 11.45
  • 15.45 – 16.45
  • bonus setelah isya

yang masih malu krn faktor usiabuat belajar Baca alquran yg baik dan bener, gak perlu malu, krn yg belajar dari sana, dari yg masih kecil,mahasiswa ampe dah tua

untuk profesi yg kesana dari mahasiswa, Polisi,PNS, Tentara, dan Ketua DPRD, iya temen satu letting saya adalah seorang ketua DPRD di daerah RIAU sana, so nunggu apalagi yg dapat panggilan ( Hidayah ) dari allah untuk memperbaiki cara mengajinya silahkan datang ke MTQ bina alquran